My Business




Hallo sobat readers! selamat datang kembali di blog aku 😊
Dari yang telah kita pelajari di artikel sebelumnya mengenai pembahasan yang mencakup kewirausahaan, salah satunya seperti ide bisnis dan hal-hal lainnya. Di kesempatam kali ini, aku ingin membahas mengenai penerapan untuk bisnis ku, serta akan memperhatikan hal-hal seperti dibawah ini:

- Ide Bisnis dan Produk
          Jadi guys bisnis ku ini merupakan bisnis online yang berkecimpung didalam dunia fashion, seperti pakaian, sepatu, jam tangan dan tas. Ide bisnis ku ini bermula dari hobi ku yang suka beberlanja guys, maklum cewe hehehe.. Jadi sempat terlintas difikiran ku "para penjual ini pastinya sangat mendapatkan keuntungan yang besar, karena di sekeliling ku aja banyak banget yang beli ini beli itu, apalagi kalau sudah dijual online, wah mungkin se-Indonesia banyak yang berbondong-bondong membeli kesukaan mereka" dan tentunya dari situ aku sangat tertarik untuk berbisnis.

Produksi
          Dalam hal ini sebenarnya produk yang aku jual itu bersumber dari hasil produksi berbagai supplier sesuai dengan kategori produk yang akan aku jual nantinya dan yaa bisa dibilang aku ini adalah seorang reseller (tangan kedua) yang membeli produk tersebut dan mendapatkan harga produk lebih murah.

- Team
          Pada persoalan ini, perlu diketahui bahwa dalam berbisnis online skala menengah kebawah mungkin saja bisa di handle sendiri, akan tetapi menurut ku harus memiliki team yang bisa membantu dalam berjalannya bisnis. Mengapa demikian? Karena masih banyak kegiatan utama yang harus aku jalani, seperti kuliah. Nah untuk itu aku akan memiliki team yang bisa membantu ku seperti dalam promosi di sosial media, mengatur pemesanan, memanage pemasokan produk, serta pengendali keuangan.

- Keuangan
         Nah guys lain hal dan yang penting yaitu keuangan, yang mana di keuangan menjadi faktor penentu kelancaran bisnis. Seperti dalam awal bisnis nantinya akan memerlukan modal, dan yaa modal yang aku pakai bersumber dari individu dan team. Modal ini berfungsi sebagai pembayaran produk awal (jika pelanggan ku meminta untu cash on delivery), pembelian pulsa untuk hal promosi di sosial media, dll.

Selain modal, di keuangan ini terdapat perhitungan akan penentuan harga produk yang dijual, kemudian terdapat laporan keuangan yang nantinya akan menjadi acuan kelayakan bisnis yang akan dijalani. Jika bisnis ini berjalan lancar dan mendapat keuntungan, sudah pasti akan terus dikembangkan. Namun sebaliknya, jika malah rugi akan mencari solusi lain ataupun fatalnya adalah berhenti berbisnis itu. Jadi bagi kalian semua yang ingin berbisnis, harus memperhatikan hal ini ya!!

Sebagai penggambaran yang mudah untuk kalian mengenai bisnis ku, dibawah ini terdapat model bisnis dengan BMC.


Simak video dibawah ini untuk penjelasan lebih lanjut.


Sebagai tambahan untuk lebih lengkapnya, dibawah ini merupakan susunan PKM-K sesuai dengan bisnis ku yaitu Toko Online.

Begitulah mengenai artikel "My Business" kali ini, semoga bermanfaat dan sukses menjalankan bisnis yang akan kalian rintis 😉

Komentar