Ide Bisnis (Mencari atau Menemukan Ide Bisnis)

Hallo guys, welcome back to my blog🤩 

Yup, di artikel ku kali ini sudah pasti akan membahas hal-hal yang bermanfaat untuk kita semua. Sesuai judul diatas, aku ingin membahas mengenai cara untuk Menemukan Ide Bisnis yang secara umumnya banyak wirausahawan yang sukses membuat bisnis mereka berawal dari menemukan sumber ide bisnis. Oke langsung aja kita bahas yuk. 




Berbisnis saat ini memang sudah mulai banyak digeluti oleh banyak orang. Hal ini karena mereka menginginkan mendapatkan pendapatan lebih dari bisnis yang ingin mereka jalankan. Sebagian dari kita terkadang selalu merasa kurang dengan pendapatan yang kita dapatkan dari kantor. Maka untuk menambah dan memperbesar pendapatan, maka kamu bisa mencoba untuk melakukan bisnis sampingan.

Memang kadang kita sudah punya niat untuk berbisnis, tetapi kita bingung ingin berbisnis di bidang apa. Padahal banyak sekali ide bisnis yang bisa kamu lakukan. Jika kamu bingung mungkin beberapa ide bisnis berikut ini dapat menjadi rujukan kamu untuk memulai bisnis. Sebetulnya ide bisnis sangat dekat dengan kita. Tapi kalau kita tidak pernah memperhatikan atau tidak sadar akan hal tersebut, maka ide yang merupakan peluang memperoleh kehidupan masa depan yang lebih baik akan lewat begitu saja. Serta perlu diingat, ide bisnis juga harus diiringi dengan niat menjalaninya dan akan konsisten, agar tujuan bisnis mu berjalan dengan baik.

Berikut ini terdapat sumber-sumber ide bisnis yang bisa kalian terapkan.

1. Sumber Ide dari Pekerjaan
Suatu pekerjaan yang pernah kalian tekuni pada waktu yang lalu dapat dijadikan sebagai salah satu sumber ide. Dengan menggali apa yang sudah kalian lakukan dalam pekerjaan sebelumnya, dapat menghasilkan ide bisnis yang bagus. Kalian dapat menggunakan ide bisnis tersebut untuk merancang dan mengkonsep usaha apa yang akan kalian mulai.

2. Sumber Ide dari Kemampuan
Kemampuan yang kalian miliki bisa kalian dapatkan dari hasil belajar. Coba ingat-ingat hal apa saja yang pernah kalian pelajari sebelumnya. Proses pembelajaran tidak hanya datang dari pendidikan formal seperti sekolah saja, namun juga bisa datang dari luar pendidikan non-formal seperti kursus dan pelatihan. Semua hal yang pernah kalian pelajari dapat kalian gunakan sebagai rujukan sumber ide untuk berbisnis. Kemampuan yang kalian kuasai bisa menjadi pondasi yang kuat jika dijadikan sebagai acuan untuk memulai dan menekuni bisnis.

3. Sumber Ide dari Hobi dan Minat
Jadikan hobi dan minat yang kalian sukai sebagai sumber ide untuk berbisnis. Menggeluti bisnis yang memiliki latar belakang hobi atau minat yang kita sukai dapat membuat kalian nyaman dalam menjalaninya. Berbisnis yang sangat kita sukai akan terasa seperti kalian sedang bermain-main namun mendapatkan uang. Umumnya orang yang menekuni bisnis dalam bidang yang berlandaskan hobi tidak mudah bosan. Malahan akan tambah bersemangat untuk melangkah lebih jauh dalam mengembangkan usaha tersebut.

4. Sumber Ide dari Pengalaman
Pengalaman merupakan guru terbaik untuk dijadikan sebagai sumber ide bisnis yang inspiratif. Pengalaman yang digunakan sebagai sumber ide bisnis tidak hanya datang dari pengalaman pribadi saja, namum bisa juga anda gunakan pengalaman yang pernah dialami orang lain sebagai sumber ide bisnis tersebut. Biasanya pengalaman buruk akan mendapat kesan tersendiri dan sulit untuk dilupakan. Pengalaman yang buruk bukan berarti harus dihindari, namun harus dipelajari supaya terhindar dari kesalahan yang berulang. Dalam mempelajari dan mencari pemecahan masalah inilah kemudian memicu munculnya ide brilian yang dapat diguanakn sebagai lahan bisnis. 

5. Sumber Ide dari Pengamatan
Siapa sangka pengamatan yang kalian lakukan dapat memberikan bermacam-macam sumber ide untuk memulai bisnis. Dengan mengamati apa yang terjadi di sekitar, kita dapat mengetahui peluang usaha dengan berupa berbagai macam kebutuhan pasar yang belum terpenuhi. Dari hasil pengamatan tersebut kita dapat menangkap peluang untuk dijadikan sebagai lahan bisnis. Kemampuan menganalisa dan menangkap peluang merupakan ketrampilan dasar yang harus dikuasai oleh seorang wirausahawan.

Untuk pembahasan lebih lanjut, simak video dibawah ini.





Sekian dari aku, sampai jumpa di artikel selanjutnya
😊

Komentar