Business Plan (BP)

Hallo guys!! Apa kabar kalian semua? Semoga sehat selalu ya.
Apa saja nih yang kalian dapat dan terapkan setelah membaca artikel-artikel yang sudah aku susun?? Comment dibawah ya hehehe.. Nah guys kali ini seperti biasa, tentunya aku akan membahas materi sesuai judul diatas ya, tanpa panjang lebar yuk disimak!



Business Plan Itu Apa Sih???
Business Plan (BP) atau rencana bisnis adalah keseluruhan proses tentang hal-hal yang akan dikerjakan dalam suatu bisnis pada masa yang akan datang, dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Hal ini sangat penting, karena business plan merupakan pedoman kerja bagi seorang wirausaha. Pada umumnya, business plan mengatur tentang proses kegiatan bisnis/usaha, produksi, pemasaran, penjualan, perluasan bisnis, keuangan bisnis, pembelian, tenaga kerja, dan penyediaan alat pendukung dalam berjalannya bisnis.

Jadi pada intinya guys business plan ini di buat sebagai salah satu kunci sukses memulai usaha secara matang dan realistis. Dengan rencana bisnis yang matang, juga sangat berguna apabila kita ingin mengajak mitra bisnis, investor, ataupun pihak-pihak terkait dalam merealisasikan impian kita agar menjadi kenyataan. Last, tidak ketinggalan apapun jenis usaha yang akan kita jalankan, business plan berguna untuk menilai apakah usaha yang akan kita tekuni ini layak(?), memberikan keuntungan(?), dan apakah dapat berprospek yang baik(?). Maka dari itu dengan mempelajari pada artikel ini kalian bisa mengantongi modal ilmu mengenai business plan, supaya dalam penerapan kalian nanti berjalan dengan baik dan benar.

Kira-kira Apa Lagi Yaa Manfaat Dari Business Plan???
Manfaat dari business plan bukan cuma yang aku sebutin diatas loh, masih banyak lagi manfaat dari business plan, di antaranya yaitu:
  • Membantu bisnis berada dalam lajur yang benar, terkontrol dengan baik, dan stabil.
  • Mendapatkan suntikan dana. Melalui business plan yang terstruktur, transparan, dan rinci, investor atau debitur akan mudah tertarik untuk memberi suntikan dana untuk perkembangan usaha tersebut.
  • Dapat memprediksi masa depan. Maksudnya dengan business plan yang memenuhi syarat, komponen, serta aspek yang diperlukan, maka kalian dapat memperhitungkan kendala berikut solusi yang muncul di masa mendatang.
  • Operasional usaha berjalan lebih baik. Business plan yang terperinci akan membantu membimbing langkah sejak awal merintis, pengelolaan masa kini, hingga pengembangan di masa mendatang.
  • Membantu menaikkan level bisnis. Ketika memulai bisnis tersebut, kalian sebagai enterpreneur mungkin berpikir hanya menjadikannya sebagai usaha sampingan. Namun melalui business plan, keadaan dapat berbalik secara drastis loh. Bisnis dapat berjalan sangat baik, memiliki peran serta pengaruh pada masyarakat, serta berkembang pesat.
Bagaimana guys? Sudah mulai berpikir untuk merencanakan bisnis impian kalian belum? Semoga cepat terlaksana ya guys..

Oh ya, Kalian juga mesti tau nih apa saja Prinsip dari Business Plan sebagai pedoman dalam menentukan business plan kalian. Tertera dibawah ini ya guys.
  • Perencanaan bisnis/usaha harus dapat diterima oleh semua pihak. 
Jadi gini guys, jika kalian ingin merencanakan bisnis impian kalian, sebaiknya cari ide bisnis yang bermanfaat bagi calon pelanggan kalian. Serta jangan lupa, apabila bisnis kalian sudah dimulai, seperti dalam alat pendukung ataupun produk dari bisnis kalian ini harus legal dari badan hukum. Supaya calon pelanggan kalian juga lebih percaya dengan upaya produk bisnis kalian, hal itu lebih baik dan juga lebih menguntungkan.
  •  Perencanaan bisnis/usaha harus fleksibel dan realistis
Pada hal ini, maksud dari rencana bisnis yang fleksibel yaitu bisnis kalian dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kondisi yang ada di lapangan. Dengan demikian, usaha kalian dapat terus berkembang dan bisnis kalian dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.
Sedangkan maksud dari rencana bisnis yang realistis yaitu rencana bisnis yang sesuai dengan target akan lebih bermanfaat bagi kesiapan bisnis impian kalian. Contohnya ya, kalau kalian ingin mempromosikan produk kalian di daerah terpencil, maka kalian harus survey dulu bagaimana sih kehidupan masyarakat disana dan dengan itu kalian akan menemukan strategi bisnis kalian yang sesuai. Bisa kita lihat contoh hasil survey di daerah terpencil yang umumnya masih minim internet, nah dari situ pastinya kalian tidak bisa menggunakan media internet sebagai media promosi di daerah tersebut kan? Jadi mungkin saja promosi yang kalian pakai berupa demo produk kalian yang jauh lebih efektif.

  • Perencanaan bisnis/usaha harus mencakup seluruh aspek kegiatan usaha
Dalam business plan kalian harus memahami aspek kegiatan usaha kalian, seperti dalam kegiatan pemasaran, yang mana dalam kegiatan tersebut perlu adanya analisa pasar yang dilakukan dengan cermat agar dapat menciptakan targer konsumen, sehingga target penjualan atau target pada bisnis kalian ini lebih mudah ditentukan arahnya (kemana produk kalian akan dipasarkan).

  • Perencanaan bisnis/usaha harus merumuskan cara-cara kerja usaha yang efektif dan efisien
Taukah kalian? hal ini sangatlah perlu kalian perhatikan, mengapa demikian?
Karena bisnis itu diibaratkan seperti pesawat yang mau tidak mau harus bekerja setiap waktu. Ketika bekerja, sudah pasti ada saatnya pesawat itu menanjak, mulai terbang dan pada akhirnya mendarat pada suatu target. Untuk selanjutnya, pesawat tersebut akan kembali terbang dengan proses yang sama menuju target selanjutnya. Nah sayangnya, ketidakefisienan yang umumnya terjadi di dunia bisnis baru-baru ini. Menurut survey, ketidakefisienan dapat menelan biaya setidaknya 30% dari pendapatan kalian setiap tahunnya loh! Wah harus hati-hati nih.

Jadi seperti yang aku bilang tadi, dalam business plan harus merumuskan cara-cara kerja usaha yang efektif dan efisen. Bagaimana sih caranya??
Dalam merencanakan bisnis kalian harus serius dan fokus pada prinsip dan komitmen pada bisnis kalian ini. Kemudian manfaatkan serta tingkatkan energi dan kreativitas bisnis kalian. Setelah itu jelajahi integritas digital, seperti yang telah kita ketahui bahwa perkembangan digital di dunia bisnis sudah semakin maju dan bermacam-macam, jadi mulailah mencobanya. Oh ya jangan lupa terus bekerja sama antar anggota yang berperan dalam jalannya bisnis kalian nanti.

Oke guys, kita lanjut ya ke bagian Komponen-komponen Business Plan secara garis besar isinya adalah sebagai berikut:


  1. Ringkasan (Executive Summary): Berisi gambaran singkat yang secara umum mencakup latar belakang bisnis, pasar yang menjadi sasaran, pengelolaan bisnis sampai dengan kelayakan bisnis secara finansial, kelayakan bisnis secara umum.
  2. Deskripsi Perusahaan (Company Description): Berisi gambaran singkat profil perusahaan yang akan menjalankan bisnis, visi, misi, tujuan, kepemilikan dalam perusahaan dan lainnya.
  3. Produk yang Diproduksi atau Dipasarkan: Berisi gambaran barang/jasa apa yang akan di produksi atau dipasarkan, alasan produk tersebut diproduksi dan manfaat yang diperoleh konsumen atas produk tersebut.
  4. Analisis Aspek Pasar: Berisi gambaran tentang peluang bisnis dan prospeknya, kondisi persaingan, posisi perusahaan dalam pasar (target pasar), strategi pemasaran.
  5. Analisis Aspek Teknik/Produksi: Berisi tentang gambaran lokasi bisnis, peralatan penunjang produksi, pemilihan teknologi yang akan digunakan
  6. Analisis Aspek Manajemen: Berisi gambaran tentang bisnis dalam masa pembangunan dan beroperasi (seperti waktu yang dibutuhkan dalam penyiapan bisnis sampai bisa beroperasi, biaya yang dibutuhkan (modal), berapa jumlah karyawan, jobdesk karyawan, dll.
  7. Analisis Aspek Finansial/Keuangan: Berisi tentang gambaran kebutuhan dana, sumber dana, perhitungan cash flow dari rencana bisnis, penilaian kelayakan bisnis dari sisi keuangan.

Nah itulah tujuh komponen utama dalam suatu business plan, minimal harus ada sebagaimana yang diuraikan di atas ya guys. Namun jika yang kalian kerjakan suatu business plan yang bernilai besar tentunya masih diperlukan tinjauan aspek lainnya, seperti aspek ekonomi makro/nasional, aspek hukum, aspek sosial budaya dan aspek dampak terhadap lingkungan.

Jangan lupa play video ku dibawah ini yaa.



SEMOGA BERMANFAAT 
😊

Komentar