Manajemen Keuangan

Hallo..hallo apa kabar kalian semua sobat readers?? Selamat datang dan selamat membaca pada blog artikel ku ini yaa.. Oke, sesuai dengan judul kali ini kita akan memasuki pembahasan mengenai Manajemen Keuangan. Dalam salah satu kegiatan operasional yang menjadi kunci kesuksesan perusahaan, yaitu terdapat pada cara pengelolaan keuangan perusahaan tersebut. Kaitannya dengan Manajemen Keuangan ialah dalam penerapannya, apabila Manajemen Keuangan ini diterapkan maka dapat membantu perusahaan untuk mengukur dan menjaga kondisi keuangan perusahaan agar tetap sehat. Selain itu Manajemen Keuangan sangat berfungsi dalam kegiatan perencanaan, penganggaran, pencarian, penyimpanan, pengendalian, pemeriksaan, dan pelaporan keuangan, yang semua itu merupakan pengaruh besar dalam aspek perusahaan. Baik itu perusahaan besar ataupun perusahaan kecil.

 

Berbicara soal Manajemen Keuangan, maka pembahasan kali ini meliputi:
·         Definisi Manajemen Keuangan
·         Sumber Dana
·         Penggunaan Dana
·         Aliran Dana (Cashflow)

Apa sih Manajemen Keuangan itu?
Manajemen keuangan memiliki beberapa definisi menurut para ahli. Pada intinya, ini adalah studi tentang keuangan. Seperti teori dari Solomon, yang mengatakan bahwa Manajemen Keuangan adalah bagaimana menentukan cara yang efektif dalam penggunaan dana modal untuk dijadikan sumber daya ekonomi. Kemudian menurut S.C Kuchhal. Manajemen Keuangan memiliki kaitan dengan pengadaan dana dan pemanfaatannya secara efektif dalam menjalankan bisnis.
Jadi, Manajemen Keuangan merupakan segala kegiatan ataupun aktivitas pada perusahaan yang berhubungan dengan cara pendanaan modal, penggunaan atau pengalokasian dana secara efektif dan efisien, guna mencapai tujuan utama pada perusahaan atau organisasi.

Sumber Dana
Sumber dana dapat diartikan sebagai bentuk pemenuhan kebutuhan dana untuk perusahaan agar kegiatan usaha berjalan dengan lancar. Perusahaan berusaha memperoleh dana dalam rangka membiayai kegiatan operasionalnya dengan mempertimbangkan beberapa faktor seperti kemudahan untuk memperoleh dana tersebut, jangka waktu sumber dana, serta biaya yang harus dikeluarkan untuk memperoleh dana tersebut. Untuk itu, perusahaan harus pintar dalam menentukan sumber dana seperti dalam segi jumlah besar atau kecil dana yang akan ditanggung. Oleh karena itu, sumber dana bagi perusahaan dapat diperoleh dari:
1.     Dana Pribadi
Dapat diperoleh dari tabungan individu, teman dan atau saudara, investor perorangan lain, perusahaan-perusahaan besar, perusahaan modal ventura dan penjualan saham. Ini juga dapat dikatakan sebagai dana internal perusahaan, yaitu dana yang berasal atau dipenuhi dari dalam perusahaan. Contohnya laba ditahan, yakni laba bersih perusahaan yang berhasil diperoleh dan digunakan kembali untuk membiayai kebutuhan perusahaan.

2.     Dana Pinjaman
Dana pinjaman dikelompokkan menjadi tiga, yaitu:

a.     Sumber Dana Jangka Pendek
            Pada sumber dana jangka pendek, pendanaan untuk perusahaan harus dibayar kembali dalam jangka waktu satu tahun atau kurang dari satu tahun. Sumber dana ini dapat diperoleh dari kredit perdagangan, pinjaman bank jangka pendek, surat berharga komersial, serta pendanaan piutang dan persediaan

b.     Sumber Dana Jangka Menengah
             Selanjutnya sumber dana jangka menengah, dalam sumber dana ini perusahaan diberi sedikit kelonggaran pengembalian dana dibandingkan dengan sumber dana jangka pendek, karena jangka waktu yang diberikan lebih dari satu tahun dan kurang dari lima tahun. Sumber dana ini biasanya digunakan bagi perusahaan yang mengambil dari sebuah leasing, tern loan, dan equipment loan.

c.     Sumber Dana Jangka Panjang
               Terakhir, sumber dana jangka panjang tentunya jangka waktu pengembalian dana ini lebih lama dari kedua kategori sumber dana sebelumnya. Pada sumber dana jangka panjang, perusahaan diberi kesempatan untuk mengembalikan dana sampai lebih dari lima tahun. Pendanaan jangka panjang ini seringkali digunakan untuk mendanai aset-aset yang masa pakainya panjang, seperti lahan tanah, mesin, pabrik, atau proyek-proyek konstruksi. Jenis sumber dana jangka panjang ini biasanya berbentuk Hipotik dan Obligasi.

       Dibawah ini merupakan gambaran siklus sumber dana, penggunaan dana, serta rencana dana.



Penggunaan Dana
Menggunakan dana perusahaan adalah suatu kegiatan dalam menggunakan atau menginvestasikan dana yang ada pada berbagai bentuk aset. Dalam penggunaan dana harus sesuai dengan rencana serta sasaran pokok usaha sehingga dapat memaksimalkan keuntungan bagi pemilik modal dan kontinuitas pengembalian pinjaman. Seperti pada gambar diatas, rencana dana harus ditetapkan terlebih dahulu dan ini merupakan bagian dari rencana usaha. Rencana penggunaan dapat dilihat dari jangka pendek (penggunaannya dapat berupa kas, surat berharga, piutang, dan persediaan) dimana termasuk dalam investasi aktiva lancer dan rencana penggunaann dana jangka panjang (penggunaannya dapat berupa tanah, gedung, parbrik, dan peralatan) yang dimana merupakan investasi aktiva tetap.

Aliran Dana (Cashflow)
Aliran dana (cashflow) merupakan aliran keluar masuknya dana (kas) yang ada di perusahaan yang bersangkutan. Dana yang masuk dalam perusahaan merupakan dana yang berasal dari sumber dana perusahaan, baik sumber intern maupun sumber ekstern. Sedangkan dana yang keluar dari perusahaan merupakan penggunaan dana yang digunakan untuk operasi atau kegiatan perusahaan. Jadi cashflow ini seperti siklus yang sifatnya bisa berulang-ulang.

Nah guys begitulah penjelasan mengenai Manajemen Keuangan, semoga ini bermanfaat bagi kalian semua ya. Sekian dari aku, sampai ketemu pada artikel berikutnya ya.. bye..

Komentar