Perlunya Manajemen Organisasi Berwirausaha



Perlunya Manajemen Organisasi Dalam Berwirausaha




Hallo sobat pembaca ku yang setia (jika ada hehe), bagaimana kondisi kalian saat ini?? tentunya aku berharap kita semua dalam keadaan sehat diantara kondisi dunia bahkan negara kita yang sedang tergencar oleh virus yang menyerang ini ya. Dalam kondisi yang berbahaya ini, pemerintah akhirnya memutuskan untuk melarang masyarakat untuk keluar rumah jika tidak ada kegiatan yang penting. Oleh karena itu, tentunya sebagai warga yang bijak harus mematuhi peraturan yang dibuat, agar tingkat penularan virus bisa teredakan. Hal lain juga membuat kita yang sekarang beraktifitas dirumah harus melakukan kegiatan yang positifi juga. Seperti membaca artikel ku ini.. 

Sebagai seseorang yang ingin berwirausaha pastinya perlu akan hal manajemen organisasi yang sangat penting dan mendukung kegiatan usaha kita nanti. Berikut kita simak...

Apasih pentingnya manajemen organisasi dalam berwirausaha?
Nah, jadi jika ditinjau dari kata per kata. Manajemen sendiri memiliki pengertian suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Sedangkan, organisasi yaitu sekumpulan individu-individu yang mempunyai tujuan, sasaran, dan target yang sama juga harus dicapai.

Dari arti kedua kata diatas, sama-sama saling terikat dan dalam peranannya manajemen ini dibutuhkan untuk mencapai tujuan dari sekumpulan orang-orang yang telah terbentuk menjadi organisasi. Kemudian dalam menjaga keseimbangan dari tujuan-tujuan yang bertentangan, maka manajemen ini yang akan bertindak untuk mengatur keseimbangan itu dan juga dalam manajemen memiliki dua konsepsi utama untuk mengukur prestasi kerja atau kemampuan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan yang benar yaitu efisiensi dan efektifitas.

Dalam hal manajemen organisasi, diperlukan prinsip-prinsip agar menjadi pedoman dalam bertindak. Ada beberapa prinsip, diantaranya:
1. Pembagian kerja (Division of Labour)
2. Kekuasaan (wewenang)
3. Disiplin
4. Kesatuan arah

Perlu kita ketahui juga fungsi dari manajemen yaitu:
a) Perencanaan (planning), suatu fungsi yang dilakukan untuk menentukan arah tujuan keseluruhan.
b) Pengorganisasian (organizing), fungsi untuk mengatur dan membagi tugas kegiatan sesuai jobdesk pada sekumpulan orang yang terbentuk dalam organisasi.
c) Pengarahan (directing), fungsi untuk mengarahkan anggota dalam bekerja agar sesuai dengan sasaran.

Sebagai kesimpulan, dalam berwirausaha atau berbinis peranan manajemen serta organisasi ini sangat diperlukan. Keduanya sangat lekat untuk aturan dan pencapaian tujuan dari suatu perusahaan.

Komentar