Merintis Usaha Baru


Merintis Usaha Baru


Hallo.. Sebelum kita mulai untuk membahas mengenai sesuai yang di judul, perlu kita ketahui bahwa merintis usaha baru khususnya dalam perdagangan diseluruh dunia menjadikan banyak peminat dari kalangan bawah, menengah, hingga kalangan atas.  Perdagangan untuk masa sekarang erat kaitannya dengan kata “bisnis” yang menunjukkan bahwa bisnis memang mempunyai arti kata sibuk dalam menjalankan ataupun melakukan suatu aktifitas dalam suatu sektor apapun. Banyaknya perusahaan dan perdagangan yang berkontribusi menjadikan bisnis semakin marak di berbagai bidang dan ditujukan untuk memperoleh laba.

Menurut pemaparan dari pendapat Huges dan Kapoor bahwa pada dasarnya memang individu maupun kelompok yang terorganisir semuanya memiliki sebuah tujuan dalam menjalankan suatu aktifitas dalam hidupnya. Namun, dalam konteks bisnis kesemuanya itu didalam serangkaian organisasi diharapkan untuk produktif bertujuan menghasilkan suatu produk yang mana nantinya ditujukan untuk dibagikan dengan cara dijual maupu membuat suatu produk untuk menyediakan jasa bagi masyarakat, sehingga kebutuhan dari masyarakat terpenuhi dengan adanya bisnis yang dilakukan oleh individu maupun serangkaian individu dalam suatu lembaga maupun instansi yang ada.

Syarat untuk menjadi wirausaha yang sukses bukan hanya dalam memiliki keterampilan di bidang tertentu, akan tetapi juga mampu dalam menangkap ide peluang bisnis dan tahap manajemen nya, giat dalam bekerja, mengorganisir, kreatif, dan juga konsisten serta tidak mudah menyerah.

Ada beberapa langkah dalam memulai usaha baru, diantaranya:
1.   Mengenali peluang usaha. Seseorang dalam menangkap peluang bisa dipengaruhi oleh pengetahuan atau informasi yang dimilikinya serta pengalaman hidup dan hubungan sosialnya. Selain itu ada dua pendekatan utama yang digunakan wirausaha untuk mencari peluang dengan mendirikan usaha baru:
-    Pendekatan “in-side out” atau “idea generation” yaitu pendekatan berdasarkan gagasan sebagai kunci yang menentukan keberhasilan usaha. Contonya: keterampilannya sendiri, kemampuan dan latar belakang yang dapat menentukan jenis usaha yang akan dirintis.
-    Pendekatan “the out-side in” atau “oppurtunity recognition” yaitu pendekatan yang menekankan pada basis ide bahwa suatu perusahaan akan berhasil apabila merespon kebutuhan pasar sebagi kunci keberhasilan. Contohnya: melalui pengamatan lingkungan (environment scanning).

2.   Optimalisasi potensi diri. Untuk memulai usaha perlu dilakukan self evaluation atau self assesment, yaitu penilaian atas kemampuan diri sendiri dengan cara menintrospeksi diri.

3.   Optimalkan motivasi diri. Ini berguna agar kita tidak mudah menyerah.

4.  Fokus dalam bidang usaha. Fokus dengan artian tekun dalam berusaha, terlebih lagi fokus pada bidang dan penciptaan suatu produk.

5.   Berani memulai, Maksudnya adalah, kita tidak akan pernah tau apa sukses atau tidaknya jika kita tidak memulainya. Maka dari itu sebagai wirausaha yang merintis usaha baru, kita harus berani memulai.


Setelah kita mengetahui langkah dalam memulai usaha baru, kini kita juga harus mengetahui kompetensi usaha yang diperlukan seorang calon wirausaha meliputi:
1.   Kemampuan teknik, yaitu kemampuan tentang bagaimana memproduksi barang dan jasa serta cara menyajikannya.
2.   Kemampuan pemasaran, yaitu kemampuan tentang bagaimana menentukan pasar dan pelanggan serta harga yang tepat.
3.   Kemampuan finansial, yaitu kemampuan tentang bagaimana memperoleh sumber-sumver dana dalam merintis dan mengelola usaha.
4.  Kemampuan hubungan, yaitu kemampuan tentang bagaimana cara mencari, memelihara, dan mengembangkan relasi, komunikasi dan negosiasi.

Seseorang yang akan memulai sebuah usaha, harus diawali dengan adanya ide. Setelah ada ide, langkah berikutnya adalah mencari sumber dana dan fasilitas baik barang, uang, maupun orang. Sumber dana tersebut berasal dari badan-bdan keuangan seperti bank dalam bentuk kredit atau orang yang bersedia menjadi penyandang dana.

Selanjutnya seorang wirausahawan perlu mengamati dan menganalisa pasar dari obyek bisnis, yaitu produk (baik berupa barang ataupun jasa) yang akan dihasilkan dari usahanya. Analisa pasar sangat penting agar tidak kesulitan dalam mendistribusikan hasil produksinya, karena barang atau jasa yang dihasilkannya memang benar benar dibutuhkan oleh masyarakat/komunitas tertentu. Oleh karena itu, mengamati peluang pasar merupakan langkah yang harus dilakukan sebelum produk barang atau jasa diciptakan. Apabila peluang pasar untuk produk yang akan dihasilkan ada dan terbuka lebar, maka barang dan jasa akan mudah laku dan segera mendatangkan keuntungan.

Dari beberapa teori diatas tentang merintis usaha baru, maka berikutnya saya akan membagikan suatu ide untuk membuka usaha baru, yang mungkin saja belum banyak dipasaran yaitu berjualan shampo alami berbahan dasar tumbuhan merang.


Pada zaman sekarang, produk perawatan diri banyak sekali kita temui. Namun, bahan-bahan produk yang di produksi mengandung bahan kimia yang efeknya nanti bisa kita rasakan. Maka dari itu, saya berpikir untuk membuka usaha membuat produk shampo yang alami dan banyak manfaatnya. Salah satunya ialah shampo berbahan dasar merang. Merang dikenal efektif untuk menghitamkan dan mengilaukan rambut. Anda perlu menggunakan abu dari merang padi untuk mendapatkan hasil tersebut. 

Cara pembuatannya sebagai berikut:
·         Ambil satu ikat merang lalu bakar. Agar tidak tercampur abu dari pembakaran, masukkan merang tersebut ke dalam panci tanah liat.
·         Setelah menjadi abu, tuangkan air yang telah dicampur perasan satu jeruk nipis ke dalam panci.
·         Aduk merata kemudian tempatkan di udara terbuka (diembunkan) selama satu malam hingga abu mengendap dan airnya terlihat bening.
·         Air bening tersebut yang bisa dijadikan shampo  dan kemudian di kemas pada botol yang tersedia.

Begitulah contoh usaha yang bisa di rintis walaupun terbilang usaha kecil.

Kesimpulan: Sebagai seseorang yang baru akan merintis, janganlah takut untuk memulai dan pahamilah tentang usaha yang akan kamu rintis serta mengamati pada lapangan pasar.

** SEMOGA BERMANFAAT **

Komentar