Hallo.. balik lagi dengan materi kewirausahaan yang mengusung tema sesuai pada judul. Nah, pada aspek pemasaran dalam berwirausaha tentunya merupakan suatu kunci dari keberhasilan perusahaan khususnya dalam memetakan pasar. Aspek-aspek tersebut digunakan untuk mengembangkan usaha yang ada kemudian ditinjau dari sudut pemasarannya. Untuk lebih lanjutnya, yuk simak dibawah ini.
Hal dasar yang berkaitan dengan materi ini, yaitu dari segi pemasarannya. Pemasaran sendiri diartikan sebagai suatu kegiatan yang perlu dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan usaha dan menjaga kelangsungan hidup perusahaan tersebut. Arti kata lain pemasaran juga suatu proses yang mana perusahaan menciptakan nilai bagi pelanggan dan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan untuk memperoleh nilai dari pelanggan yang disebut sebagai imbalan.
Ketika telah memahami dari penjabaran mengeni pemasaran, maka masuk pada inti materi yaitu Aspek-aspek Pemasaran Dalam Berwirausaha:
1. Spesifikasi Produk dan Product Differentiation
1. Spesifikasi Produk dan Product Differentiation
Produk
adalah setiap hal berupa barang maupun jasa yang ditawarkan ke pasar
untuk memenuhi kepuasan dan kebutuhan konsumen. Keputusan-keputusan tentang
produk dalam aspek pemasaran mencakup bentuk penawaran secara fisik, merknya,
kemasaran, garansi, dan servis purna jual. Penentuan
spesifikasi produk dapat dilihat dari kondisi pasar yang ada dengan melakukan
analisis aspek pemasaran yang lainnya.
Product
Differentiation ini
merupakan dasar bagi penjual dalam menentukan motif-motif pembelian selektif.
Chamberlin telah mendefinisikan konsep tersebut dengan mengatakan bahwa : “Kelompok barang itu berbeda jika
terdapat faktor-faktor penting yang dapat membedakan barang dari seorang
penjual lainnya. Faktor-faktor tersebut sangat penting karena dapat menimbulkan
selera yang berbeda-beda pada para pembeli”. Jadi barang-barang itu
berbeda apabila konsumen percaya bahwa barang-barang tersebut berbeda.
Jadi
strategi pemasarannya adalah mendorong permintaan pada batas-batas penawaran
tertentu. Karena pasar untuk barang seperti ini bersifat homogen maka
permintaan menjadi sulit ditingkatkan. Dalam hal ini strategi yang lebih baik
dalam aspek pemasaran pada kasus spesifikasi produk dan product differentiation
misalnya membuat merk baru atau membuat kemasan baru.
2. Segmentasi
Pasar
Segmentasi
pasar didasarkan pada pemisahan atau pengkhususan diantara para calon konsumen
sebagai pasar. Adapun definisi segmentasi pasar adalah kegiatan membagi-bagi
pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk ke dalam satuan-satuan pasar
(segmen pasar) yang bersifat homogen.
Jadi
segmentasi ini merupakan proses yang menyeluruh di mana perusahaan harus
memperhatikan pembelian dari masing-masing segmen. Paling tidak usahanya akan
lebih ekonomis dapabila unit-unit pembelian itu dikelompokkan ke dalam beberapa
kelompok saja. Ini semua tidak terlepas dari usaha mencapai laba maksimum.
3. Analisa
Pasar dan Peramalan Permintaan
Analisa
pasar merupakan langkah pertama dalam merencanakan strategi yang sesusai dengan
kondisi pasar untuk menangkap peluang dan mengembangkan usaha. Misalnya saja
dengan memberlakukan diskon yang mana akan memberikan keuntungan kepada pasar
jika membeli produk dalam jumlah dan kriteria tertentu. Atau juga bisa memberikan
hadiah langsung yang ditujukan untuk mendongkrak pemasaran. Adapun hal yang
perlu diperhatikan adalah :
a) Permintaan pasar
b) Faktor-faktor yang mempengaruhi
permintaan pasar
c) Analisa volume penjualan dan biaya
pemasaran
d) Mengestimasikan penjualan potensia
e) Peramalan penjualan
4. Analisa
Pesaing
Pesaing
merupakan perusahaan yang memproduksi atau memasarkan barang dan jasa yang
memiliki kemiripan dengan produk yang kita hasilkan/tawarkan. Analisa pesaing
yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan identifikasi terhadap kesempatan,
ancaman atau persoalan strategis yang timbul dari pergantian suasana bersaing
yang potensial. Selain itu melakukan identifikasi terkait kekuatan dan
kelemahan pesaing perlu dilakukan untuk melihat peluang yang ada. Analisa
pesaing dapat diawali dengan melihat pesaing umum dan pesaing potensial.
Analisa pesaing ini
akan berdampak pada meningkatnya produk maupun strategi pemasaran yang
diterapkan. Pada analisa pesaing dilakukan untuk melihat perbedaan dari pesaing
yang meliputi kualitas produk harga, sistem pemasaran, maupun aspek-aspek
pemasaran lainnya. Analisa ini bertujuan sebagai refrensi bagi perusahaan untuk
terus memperbaiki kinerja perusahaan agar mampu meningkatkan daya saing di
dunia bisnis.
5.
Promosi
Promosi merupakan upaya dari penjual untuk
menawarkan produknya kepada pembeli atau konsumen supaya konsumen berminat
untuk melakukan pembelian. Dimana melalui promosi, penjual dapat memberikan
informasi secara luas mengenai produk, mempengaruhi dan melakukan langkah
persuasif kepada konsumen, dan juga dapat mendekatkan konsumen terhadap produk
yang ditawarkan. Tujuan promosi:
- Memberitahu konsumen tentang penawaran produk
- Mengingatkan kepada konsumen akan manfaat dari produk yang kita tawarkan
- Membujuk konsumen untuk melakukan transaksi pembelian
- Merubah perilaku konsumen
- Mempertahankan merk produk perusahaan di mata konsumen
Sekian materi kali ini, semoga bermanfaat.
Komentar
Posting Komentar